Book Reviewer

Review Buku: Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turunan)


Judul Buku : Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turunan)

Penulis : Kevin Kwan

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 450 halaman

Tahun terbit : 2016

ISBN : 9786020314433

Novel pertama dari series Crazy Rich Asians

Blurb

Ketika Rachel Chu, dosen ekonomi keturunan Cina, setuju untuk pergi ke Singapura bersama kekasihnya, Nick, ia membayangkan rumah sederhana, jalan-jalan keliling pulau, dan menghabiskan waktu bersama pria yang mungkin akan menikah dengannya itu. Ia tidak tahu bahwa rumah keluarga Nick bagai istana, bahwa ia akan lebih sering naik pesawat pribadi daripada mobil, dan dengan pria incaran se-Asia dalam pelukannya, Rachel seperti dimusuhi semua wanita.
Di dunia yang kemewahannya tak pernah terbayangkan oleh Rachel itu, ia bertemu Astrid, si It Girl Singapura; Eddie, yang keluarganya jadi penghuni tetap majalah-majalah sosialita Hong Kong; dan Eleanor, ibu Nick, yang punya pendapat sangat kuat tentang siapa yang boleh—dan tidak boleh—dinikahi putranya.
Dengan latar berbagai tempat paling eksklusif di Timur Jauh—dari penthouse-penthouse mewah Shanghai hingga pulau-pulau pribadi di Laut Cina Selatan—Crazy Rich Asians bercerita tentang kalangan jet set Asia, dengan sempurna menggambarkan friksi antara golongan Orang Kaya Lama dan Orang Kaya Baru, serta antara Cina Perantauan dan Cina Daratan.



Sinopsis

Novel yang menceritakan tentang kehidupan tiga klan terbesar keluarga keturuan China yang hidup di Singapura. Ada klan Young, Shang, dan T’Sien. Rachel Chu, seorang dosen Ekonomi bergelar Doktor yang tinggal di Amerika berpacaran dengan Nicky Young yang merupakan pewaris tunggal dari keluarga Young. Nicky dan Rachel telah berpacaran selama dua tahun, tetapi Rachel belum pernah mendengarkan mengenai kekayaan Nicky dan kehidupan keluarganya di Singapura. Akhirnya, pada satu kesempatan Rachel diajak oleh Nick ke Singapura untuk berlibur sekaligus menghadiri pernikahan sahabat dari Nick yang tanpa diketahui oleh Rachel merupakan pesta pernikahan yang paling meriah seAsia. Ada keraguan di dalam hati Nicky mengenai kesiapan Rachel untuk menghadapi keluarganya, terutama Ibu Nick, Eleanor Young, yang sangat keras dalam menentukan perempuan yang pantas mendampingi anak satu satunya Bersama Mr. Phillip Young.

Ketika hari-hari awal Rachel di Singapura, Nick belum memperkenalkan Rachel dengan keluarganya sehingga Rachel hanya diinapkan di sebuah hotel. Kehidupan Rachel di Singapura awalnya menyenangkan karena bertemu dengan sahabat lamanya Peik Lin yang orangtuanya merupakan salah satu orang kaya di Singapura. Rachel menceritakan kepada Peik Lin mengenai tujuannya ke Singapura, dan Peik Lin serta keluarganya kaget ketika mendengar bahwa Rachel akan menghadiri acara pernikahan Colin Kho dan Araminta Lee. Tinbullah rasa ingin tahu orangtua Peik Lin mengenai keluarga Nick Young, tetapi keluarga Peik Lin tidak pernah mendengarkan nama keluarga tersebut.

Rachel akhirnya diajak oleh Nick untuk menghadiri makan malam di Tyersall Park, yang merupakan rumah a.k.a. istana dari nenek Nick, Su Yi. Rachel kaget ketika melihat betapa megahnya rumah tersebut, bahkan Peik Lin yang dikenalnya sangat kaya terheran melihat megahnya tempat tinggal tesebut. Istana tersebut dijaga oleh para Gurkha yang merupakan prajurit pilihan dan paling ditakuti, tempat tinggalnya bahkan sangat besar, tetapi anehnya ketika dicari di google maps, tempat tersebut hanya hamparan tanah kosong.

Petualangan Rachel di keluarga yang menyatakan dirinya sebagai kalangan Cina Perantauan yang merasa lebih baik bandingkan Cina Daratan. Keluarga Nick dikenal sebagai orang kaya tujuh turunan, berbeda dengan orang kaya baru seperti keluarga Peik Lin, sehingga kehidupan keluarga tersebut sangatlah privat.

Review

Tentunya ini merupakan bacaan yang sangat seru, karena Kevin Kwan memberikan suguhan cerita yang menarik, lucu, serta menakjubkan. Menarik karena menceritakan mengenai keluarga yang luar biasa kayanya dan disajikan dalam bentuk tulisan yang witty, sehingga akan ada tawa di berbagai bagian, terutama prolognya yang membuat saya sebagai pembaca speechless, betapa kayanya mereka.

Tokoh-tokoh di dalam novel ini sangat banyak, bahkan di bagian awal buku ini menampilkan silsilah keluarga ketiga klan tersebut secara komprhensif. Nama-nama tokohnyapun sangat susah dihapalkan karena bernuansa China. Astrid Leong, Michael Teo, Araminta Lee, Colin Kho, Kitty Pong, Edhie Cheng akan Anda temui di dalam novel ini dan tentunya dengan tokoh-tokoh yang lain.

Tokoh favorit saya adalah Astrid Leong, yang merupakan sepupu dari Nick. Astrid digambarkan merupakan wanita yang cantik tetapi low profile. Saya memfavoritkan Astrid karena dengan kekayaan yang dimilikinya, dia masih tetap cinta dengan suaminya Michael Teo yang merupakan pengusaha di bidang tkonologi informatika, tetapi tetap tidak dipandang oleh orangtua Astrid. Cerita Astrid dan rumah tangganyapun sangat menarik untuk diikuti.

Kekuarangan novel ini mungkin menruut saya adalah banyaknya merk-merk yang jarang saya dengar, mungkin karena saya gak kaya-kaya amat yee. Kelebihannya tentunya sudah saya sebutkan di atas. Novel ini membuka pandangan kita mengenai punya uang penting, tetapi hidup nyaman lebih penting. Biasa aja dan hidup sederhana akan lebih menyenangkan dibanding banyak duit setelah baca novel ini.



💙💙💙💙💙

Saran dan komentar kalian sangat saya harapkan untuk diskusi ðŸ˜Š

1 komentar:

Popular Posts

Goodreads

my read shelf:
Alif Syahrul Wahyudi's book recommendations, liked quotes, book clubs, book trivia, book lists (read shelf)

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Alif has read 0 books toward his goal of 20 books.
hide

Total Tayangan Halaman

Copyright © Alif Syahrul Wahyudi | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates